Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Etika dalam Lift Yang Perlu Diketahui

etika di dalam lift

Etika dalam lift mungkin terdengar sepele. Namun, ternyata hal ini penting untuk menjaga keharmonisan sosial. Menunjukkan sikap yang baik selama berada di ruang tertutup bersama orang banyak menghasilkan lingkungan yang nyaman.

Bayangkan jika Anda berada di lift bersama orang yang berbicara dengan lantang. Tentunya sikap tersebut sangat mengganggu bukan? Terlebih jika ada orang yang menyerobot masuk tanpa menghiraukan penumpang yang keluar.

Menunjukkan etika dalam lift dapat berdampak positif bagi Anda dan orang lain. Anda akan dianggap sebagai orang yang memiliki sopan santun dan kesadaran sosial yang tinggi. Berikut beberapa etika dalam lift yang perlu Anda ketahui.

Etika Menunggu Lift

Etika menggunakan lift penumpang harus dilakukan sebelum memasuki lift. Di gedung bertingkat seperti perkantoran dan pusat perbelanjaan, biasanya Anda akan menunggu lift bersama penumpang lain. Maka, antrilah dengan tertib dan jangan menyerobot kerumunan.

Saat lift datang dan pintu terbuka, jangan buru-buru masuk lift. Berikan waktu dan jalan untuk penumpang yang hendak keluar. Etika yang baik adalah mendahulukan penumpang keluar sebelum Anda masuk.

Jangan pula berdiri di depan pintu lift jika Anda tidak ingin masuk. Berdiri tepat di depan lift dapat menghalangi penumpang yang akan keluar dan masuk. Selain itu, pencet tombol dengan bijak dan sekali saja. Memencet tombol secara berulang tidak berpengaruh pada kedatangan lift.

Gunakan Tombol Lift dengan Baik

Saat berada di dalam lift, Anda akan menemui banyak tombol lantai. Pencetlah nomor lantai yang Anda tuju dan jangan memencet seluruh tombol jika tidak diperlukan.

Memencet seluruh tombol akan menghambat laju lift karena lift akan berhenti di setiap lantai. Hal ini juga memungkinan penumpang lain merasa tak nyaman saat naik lift.

Jika Anda berdiri di dekat tombol, tak ada salahnya juga menawarkan bantuan memencet tombol untuk penumpang lainnya. Tak sedikit penumpang yang kesulitan memencet tombol karena lift cukup ramai.

Berdiri di Tempat yang Tepat

Perhatikan juga di mana Anda berdiri saat berada di dalam lift. Jika Anda hanya naik satu atau dua lantai, cobalah berdiri di dekat pintu karena akan memudahkan Anda keluar lift.

Namun jika, Anda menuju lantai yang cukup jauh, maka berdirilah agak ke dalam. Anda akan mempermudah penumpang lain yang hendak turun di lantai sebelumnya.

Kendati demikian, terkadang situasi di dalam lift tidak bisa kita duga. Saat Anda terpaksa berdiri di belakang dan turun di lantai terdekat, jangan lupa untuk mengucapkan permisi ke penumpang lain. Hal ini bukan hanya sebagai basic sopan santun, melainkan juga memberitahu penumpang lain bahwa Anda akan turun.

Hindari Kontak Mata dan Fisik

Kemungkinan besar, orang yang berada di dalam lift bersama Anda adalah orang asing yang tidak Anda kenal. Jika demikian, hindari kontak mata berlebihan, terlebih lagi kontak fisik.

Di beberapa negara mungkin kontak mata diperlukan untuk sekedar menyapa orang lain dan menunjukkan keramahan. Namun, lakukanlah secukupnya saja. Kontak mata berlebihan bisa membuat orang lain merasa tak nyaman.

Berbicara di Dalam Lift

Lift merupakan tempat yang sangat terbatas, sehingga volume kecil pun akan terdengar. Jika Anda mendapat telepon, matikan dahulu jika memungkinkan. Namun, jika terpaksa harus mengangkat, berbicaralah dengan pelan dan singkatkan percakapan Anda.

Penggunaan ponsel di dalam lift juga harus diperhatikan. Sebaiknya tidak menggunakan ponsel di dalam lift untuk menjaga ketenangan. Selain itu, sibuk bermain ponsel bisa membuat Anda kelewatan lantai yang dituju.

Berbicara ke orang yang dikenal juga sebaiknya tidak dilakukan di dalam lift, terlebih obrolan-obrolan panjang. Simpan cerita Anda sampai keluar lift untuk menjaga ketertiban dan kenyamanan sesama penumpang.

Jangan Makan dan Minum

Sangat penting untuk tidak makan dan minum saat berada di dalam lift. Lift adalah ruang tertutup yang sering digunakan oleh banyak orang, dan makanan atau minuman bisa tumpah, menyebabkan lantai menjadi lengket atau licin, yang bisa berbahaya.

Tumpahan juga bisa mengotori dinding dan lantai lift, menciptakan kesan yang tidak menyenangkan bagi pengguna berikutnya. Selain itu, bau dari makanan dan minuman bisa mengganggu kenyamanan penumpang lain, terutama di ruang kecil seperti lift di mana sirkulasi udara terbatas.

Menjaga kebersihan lift adalah tanggung jawab bersama, dan dengan menghindari makan dan minum, kita turut menjaga lingkungan. Selain itu, lift tetap bersih dan nyaman untuk semua orang.

Etika Membawa Barang Besar

Membawa barang besar atau banyak ke dalam lift memerlukan perhatian khusus agar tidak mengganggu penumpang lain. Jika Anda harus membawa barang-barang besar, pastikan untuk menata barang-barang tersebut dengan rapi dan tidak menghalangi pintu lift.

Jika memungkinkan, gunakan lift barang jika tersedia, karena lift tersebut didesain untuk membawa muatan besar dan tidak akan mengganggu penumpang lain. Jika tidak ada lift barang, beri prioritas kepada penumpang lain terlebih dahulu, terutama jika lift sudah penuh.

Biarkan mereka masuk atau keluar terlebih dahulu sebelum Anda membawa barang ke dalam lift. Dengan cara ini, Anda membantu menjaga efisiensi dan kenyamanan penggunaan lift bagi semua orang.

Bantu Penumpang yang Membutuhkan

Ketika menggunakan lift, selalu perhatikan penumpang lain yang mungkin memerlukan bantuan, seperti orang tua, penyandang disabilitas, atau orang tua dengan anak kecil.

Sikap peduli ini dapat berupa membantu menekan tombol lantai tujuan mereka, menahan pintu lift agar mereka bisa masuk atau keluar dengan mudah, atau memberikan ruang lebih agar mereka lebih leluasa bergerak.

Tindakan kecil seperti ini dapat membuat perbedaan besar bagi mereka yang membutuhkan bantuan, menciptakan suasana yang lebih inklusif dan ramah. Dengan bersikap peduli, kita tidak hanya menunjukkan rasa empati, tetapi juga berkontribusi pada lingkungan yang lebih nyaman bagi semua pengguna lift.

Saling membantu di dalam lift mencerminkan etika sosial yang baik dan meningkatkan pengalaman bersama dalam penggunaan fasilitas umum.

Kesimpulan

Etika menjadi hal yang sangat penting untuk saling menghargai dan menghormati orang-orang di sekeliling kita. Dalam kehidupan, setiap aspeknya memerlukan etika, termasuk saat berada di lift bersama orang banyak.

Beberapa poin di atas sepantasnya dilakukan dengan kesadaran pribadi. Jika Anda ingin dihargai, tentunya harus pula menghargai lingkungan sekitar. Terlebih menunjukkan etika dalam lift yang baik dapat menjadi contoh bagi generasi muda yang melihatnya

Posting Komentar untuk "Etika dalam Lift Yang Perlu Diketahui"